Dharma


Dharma.
Aku sering melihatnya menatap batang pohon kamboja di padmasana sekolah. Kami memang satu visi, selalu ingin bercerita pada Tuhan, sepulang sekolah. Hanya bunga kenanga kekuningan dan asap dupa itu saja yang tahu, kami tak pernah benar-benar datar.
Kami selalu melibatkan Tuhan untuk hal-hal yang sulit diikhlaskan, kami selalu bekerja keras untuk hal-hal kecil hingga di luar batas, kami adalah pelantun lagu-lagu Mocca, kami memilih merantau dan hidup susah daripada bergantung bagai anak kanguru.

Aku suka sekali bertualang dalam tulisan, dia hilang di pegunungan. Aku sibuk dengan praktek abstrak, dia masih berkutat dengan proyek kebajikan tak berbayar. Sekali lagi, kami tak pernah benar-benar datar.

Dharma dalam Agama Hindu.
Kata dharma berasal dari bahasa Sansekerta, dari akar kata 'dhr' (baca : dri) yang artinya menjinjing, memangku, memelihara, mengatur, atau menuntun. Dalam kehidupan manusia, dharma dapat berarti ajaran, kewajiban, atau peraturan-peraturan suci yang memelihara dan menuntun manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup yaitu tingkah laku dan budi perkerti yang luhur.

Rasanya aku ingin membawa Dharma kemanapun aku pergi, selayaknya matahari.

My Instagram