Menjadi Tuli

Sekelompok katak sedang bepergian melewati hutan dan dua di antaranya jatuh ke lubang yang dalam. Ketika katak lainnya melihat seberapa dalam lubang itu, mereka mengatakan kepada kedua katak bahwa mereka sama saja sudah mati!

Kedua katak mengabaikan komentar yang tidak bertanggung jawab itu dan mencoba melompat keluar dari lubang dengan sekuat tenaga. Katak-katak yang menoleh dari atas terus menyuruh mereka berhenti. Akhirnya, salah satu dari katak itu memperhatikan apa yang katak lain katakan bahwa mereka sama saja sudah mati! Ia jatuh dan meninggal.

Katak yang lain terus meloncat sekuat ia bisa. Sekali lagi, kerumunan katak berteriak kepadanya untuk berhenti saja. Ia melompat lebih keras dan akhirnya berhasil keluar. Ketika ia keluar, katak-katak lain pun bertanya, “Apa kamu tidak mendengar kami?”. Si katak, masih dengan napas terengah, berkata “Terima kasih ya, sudah memberi semangat untukku sepanjang waktu.” Barulah katak-katak lain sadar bahwa katak yang terus mereka pengaruhi tersebut ternyata tuli. 

My Instagram